Senin, 21 September 2009

Memilih Jodoh yang Baik Menentukan Syurga dan Neraka-mu

“…Sesungguhnya wanita budak mukmin lebih baik daripada wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu…”
(al-Baqarah[2]:221)

Di situs ini banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan mengenai jodoh dan percintaan. Dilemanya juga sangat menarik dan beragam, aku sendiri sempat beberapa kali mengomentari pertanyaan-pertanyaan itu dan merupakan kebahagiaan tersendiri saat mereka mengatakan bahwa itu sangat membantu. Tapi ada juga sebagian dari mereka yang masih belum menemukan jawabannya. Nah, di dalam tulisan berjudul, “Memilih Jodoh yang Baik Menentukan Syurga dan Neraka-mu” ini aku pengen mengutarakan ide-ide dan pemikiran sederhanaku berdasarkan pemahaman sederhana dari Hadist dan Ayat suci Al-Qur’an.

Ayat di atas menegaskan kepada para Laki-laki untuk memilih istri karena kualitas agamanya, bukan karena kecantikannya ataupun karena kekayaannya. Ayat ini sekaligus memberikan jawaban atas pertanyaan yang menanyakan perihal memilih istri yang bukan muslim. Lalu apakah hal ini berlaku untuk wanita? Jawabannya, sudah barang tentu ya!

Seorang wanita muslim hendaknya memilih suami yang memiliki agama dan kepercayaan yang sama. Kejadian yang kerap terjadi di masyarakat ketika seorang wanita akan dipersunting oleh pria non-muslim, sang wanita selalu berada di pihak yang tertekan dan akhirnya beralih kepercayaan, sayangnya pula tidak sedikit wanita muslim dibutakan oleh al-’isyq atau cinta buta sehingga dengan mudah berpindah agama.

Ada sebuah cerita berkenaan dengan pentingnya memilih suami seorang muslim. Suatu hari seseorang bertanya kepada Hasan al-Bashri, “Aku mempunya anak perempuan dan dia banyak yang melamarnya, lalu kepada siapakah aku harus menikahkannya?” Hasal al-Bashri menjawab, “Nikahkanlah kepada laki-laki yang takut kepada Allah SWT, karena jika dia mecintainya dia akan memuliakannya dan jika dia membencinya dia tidak akan menzaliminya.” [Khabar Hasan, HR Ibnu Abi Dunya, dikutip dari Majdi Fathi, al mu'asyarah az-Zaujiyah]

Kemudian Hadist Riwayat Ahmad bercerita, Rasulullah saw bersabda, “Lihatlah di mana engkau berada bersamanya, sesungguhnya dia adalah surga dan nerakamu.”

Hadist di atas bercerita bagaimana pentingnya memilih suami yang beragama agar ketika sesuatu terjadi, insya Allah jalan keluarnya adalah berupa kebaikan. Istri yang baik dan shalihah adalah kunci kesuksesan seorang suami memimpin rumah tangganya, dan suami yang bertanggung jawab lagi muslim adalah cahaya pelindung bagi kerajaan rumah sang istri.


- 27 Juli 2009


Sumber :

Bams Winarso

http://shodiq.com/2009/07/27/memilih-jodoh-yang-baik-menentukan-syurga-dan-neraka-mu/

23 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar